Plt (Pelaksana Tugas) Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,Sp.PD.,FINASIM., Memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau Tahun 2018

Guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum dalam rangka mewujudkan KAMSELTIBCARLANTAS diwilayah hukum Polres Lampung Utara, Plt (Pelaksana Tugas) Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,Sp.PD.,FINASIM., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau Tahun 2018, di Halaman Polres Kabupaten Lampung Utara. Kamis (01/03/2018).

Dalam amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri, yang dibacakan dr. Widodo mengatakan Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu Negara. Oleh sebab itu, kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern.

“Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk menciptakan Pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara KAMSELTIBCARLANTAS.” Kata dr. Widodo.

Plt dr. Widodo juga menjelaskan amanat UUD Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan adalah untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselatan dan ketertiban serta kelancaran lalu lintas (KAMSELTIBCARLANTAS), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib lalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Masih dalam amanatnya, Plt Sri Widodo mengatakan pada pelaksanaan operasi keselamatan Tahun 2018 kali ini, ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain, melawan arah lalu lintas khususnya kendaraan motor, menggunakan telepon genggam waktu mengemudi, berboncengan lebih dari jumlah yang telah ditentukan, dan berkendaraan belum cukup umur.

  1. Sri Widodo mengungkapkan tujuan operasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya, meminimalilsasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas , serta terwujudnya situasi KAMSELTIBCARLANTAS menjelang pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018.

sebelum mengakhiri amanatnya, Plt Bupati Lampung Utara berpesan kepada peserta apel agar selalu menjaga keselamatan dan lebih meningkatkan sifat disiplin.

“Jaga keselamatan anda dalam bertugas dan tingkatkan disiplin agar terwujudnya pelayanan Polantas yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, serta terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.” Pungkas Sri Widodo.