Plt. Asisten II Pimpin Rapat Pembentukan Tim Penetapan Desa Pariwisata

KOTABUMI – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar rapat pembentukan Tim Penetapan Desa Pariwisata. Rapat yang dipimpin Asisten Plt. Asisten II Sofyan, S.P., M.M., dan dihadiri Perangkat Daerah terkait, Rabu (20/07/2022).
Ada 11 Desa di Lima Kecamatan yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan menjadi lokasi Desa Pariwisata. Yakni, Desa Madukoro, Sawo Jajar, Cempaka, Cempaka Barat, Abubg Jayo, Pengaringan, Sri Bandung, Kedatun, Pekurun Selatan, Pekurun Barat dan Desa Subik.
Dalam arahannya, Plt. Asisten II menyebut, pembentukan tim penetapan desa pariwisata ini mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Desa Wisata yang menjelaskan bagaimana prosedur Desa wisata ditetapkan, hak dan kewajiban desa-desa yang terlibat, pembiayaan desa wisata, dan pengawasannya.
Selain hal tersebut, sambung Plt. Asisten II, Peraturan Daerah ini juga untuk merevitalisasi beberapa Desa di kabupaten Lampung Utara yang telah ditetapkan statusnya sebagai Desa Wisata. Upaya revitalisasi ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi desa wisata sehingga selain meningkatkan pendapatan desa, integrasi berbagai unsur kehidupan desa sebagai gagasan utama desa wisata bisa dijadikan sebagai instrumen membangun kohesifitas masyarakat desa.
“Dengan pola ini desa wisata menjadi salah satu strategi pembangunan pariwisata, sekaligus pembangunan ekonomi dan sosial,” tandasnya. (Diskominfo Lampura)
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn