Penghargaan Paramesti (Kawasan Tanpa Asap Rokok)

Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara yang telah menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 24 Tahun 2015. Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,M.H., mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berupa Piagam Penghargaan Paramesti, Penghargaan tersebut diterima saat acara Pertemuan Aliansi Bupati/Walikota Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan di The Alana Hotel & Convention Center Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu (12 Juli 2017).
 
Acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri kesehatan Republik Indonesia (RI), Prof. DR. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M. dalam sambutannya, Beliau mengatakan dalam upaya perlindungan terhadap bahaya rokok yang merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, baik generasi muda maupun Pemerintah. Adapun tujuan dari Kawasan Tanpa Rokok terbagi menjadi empat aspek, yaitu  pertama, melindungi kesehatan perorangan, keluarga maupun masyarakat dan lingkungan. Kedua menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat. Ketiga, membudayakan hidup sehat. Dan keempat, menekan angka pertumbuhan perokok pemula.
 
Diketahui Perbup Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Lampung Utara telah diterapkan di Kantor Pemda, Kantor Kantor Instansi, Sekolah-sekolah dan tempat fasilitas kesehatan baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Lampung Utara. Gambar atau logo dilarang merokok juga sebaiknya ditempeli ditempat-tempat tersebut.
 
Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP.,M.H., mengatakan dengan mendapatkan anugerah Piagam Penghargaan Paramesti sebagai bukti bersama dalam memperhatikan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah melindungi dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bumi Ragem Tunas Lampung.
Dilanjutkannya Bupati Lampung Utara mengharapkan bagi para perokok di Kabupaten Lampung Utara agar merokok pada tempatnya. Terutama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara agar kedepannya bebas dari asap rokok.
“Kita akan menciptakan masyarakat Kabupaten Lampung Utara menjadi sehat dan terbebas dari asap rokok yang dapat menyebabkan berbagai penyakit sehingga menjadi potensi SDM menuju Lampung Utara sehat” tambahnya.