Kampanyekan GERMAS, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.SSTP.,M.H., Senam Bersama Kader PKK dan Kader Posyandu

Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,M.H., mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2018, di Kantor Kecamatan Abung Barat Kabupaten Lampung Utara. Kamis (08/02/2018).

Hadir Camat Abung Barat, Forkopimda Kecamatan Abung Barat, para Pengurus PKK, Kader Posyandu Kecamatan.

 

 

 

 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara, dr. Hj. Maya  Metisa, M.Kes mengatakan Germas adalah gerakan yang dapat dan wajib dilakukan oleh semua penduduk Indonesia, sehingga diharapkan kualitas penduduk produktif di Indonesia tetap terjaga kesehatannya, sehingga bonus demografi penduduk dapat diraih dengan optimal. Dalam kampanye Germas tersebut, dilaksanakan hal-hal seperti pemeriksaan kesehatan, aktifitas fisik berupa senam, serta makan sayur dan buah bersama.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan juga juga melaporkan bahwa peserta kampanye Germas adalah kader Posyandu dari 7 Kecamatan, yaitu Abung Barat, Bukit Kemuning, Abung Tinggi, Tanjung Raja, Abung Tengah, Abung Pekurun, dan Sungkai Barat.

Penyerahan bahan baju Kader dan ucapan terima kasih kepada para Kader Posyandu secara simbolis oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mengucapkan terima kasih kepada Kader PKK dan Kader Posyandu yang semangat melaksanakan berbagai program PKK dengan memberikan dan mandorong masyarakat agar menjadi keluarga yang sehat.

“Saya sangat senang melihat para Kader PKK dan Kader Posyandu yang sangat antusias melaksanakan kampanye Germas ini, yang mana kegiatan ini dapat memberi banyak manfaat utuk keluargan Indonesia.” Ungkap Ketua TP-PKK.

Masih dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara juga memaparkan Gerakana Masyarakat Hidup Sehat mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan produktivitas penduduk. Selain itu juga dikatakannya, sebagai Kader PKK yang didalamnya terdapat para Kader Posyandu, harus dapat mendorong upaya hidup sehat di masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Dijelaskannya, Germas ini bias dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar, karena bias dimulai dari hal-hal terkecil seperti melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memriksa kesehatan, tidak merokok, tidak minum minuman berakhohol, serta rajin membersihkan lingkungan sekitarnya.

Dalam kampanye tersebut, Hj. Endah Kartika Prajawati juga mengingatkan agar kampanye Germas ini tidak hanya selesai sampai disini saja, namun diharapkannya peran keluarga untuk dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anak dan lingkungan sekitar tentang pentingnya menjalankan hidup sehat.

“Saya berharap, dengan adanya kampanye Germas ini, para Kader PKK, terutama bagi Kader PKK dan Kader Posyandu agardapat mengkampanyekan kembali dilingkungannya masing-masing agar dapat meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang hidup sehat.” Tutup Hj. Endah.