Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Lampung Utara

V i s i

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, dengan kata lain merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana, Pemerintah Daerah harus dibawa dan berkarya, agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif, dan atau suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh Pemerintah Daerah.
Visi merupakan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang (clarity of direction). Visi juga harus menjawab permasalahan pembangunan daerah dan/atau isu strategis yang harus diselesaikan, dalam jangka menengah serta sejalan dengan visi dan arah pembangunan jangka panjang daerah.
Dengan mempertimbangkan posisi strategis, historis , kultur masyarakat, kondisi topografi dan geografi wilayah serta permasalahan pembangunan daerah, maka ditetapkanlah Visi Bupati terpilih menjadi Visi Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014 – 2019, adalah sebagai berikut :

“MEWUJUDKAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA YANG AMAN, MAJU, SEJAHTERA, AGAMIS DAN BERMARTABAT”

Visi Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014 – 2019 telah diselaraskan sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lampung Utara tahun 2005-2025 yaitu : ”KABUPATEN LAMPUNG UTARA MANDIRI, MAJU, DAN SEJAHTERA TAHUN 2025’’


M i s i

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, dengan kata lain sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah sesuai visi yang ditetapkan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik dan atau rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan visi , agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Misi disusun dalam rangka mengimplementasikan langkah-langkah, yang akan dilakukan dalam mewujudkan visi yang telah dipaparkan di atas. Rumusan misi disusun dengan terlebih dahulu mengindentifikasi isu – isu strategis, faktor – faktor faktor-faktor lingkungan strategis yang mempengaruhi, baik internal maupun eksternal, berupa variabel kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang ada dalam pembangunan daerah, termasuk didalamnya melakukan evaluasi interaksi antar dan antara berbgai faktor tersebut, untu kemudian menetapkan Misi daerah sebagai mana diuraikan dibawah ini. Sebab pada dasarnya Misi ditetapkan untuk memperjelas jalan atau langkah, yang akan dilakukan dalam rangka mencapai visi yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan rasa aman, nyaman dan tentram bagi Masyarakat Kabupaten Lampung Utara.
  2. Mewujudkan layanan Prima aparatur Pemerintah yang memiliki kopetensi dan profesionalisme kepada masyarakat lampung Utara.
  3. Mewujudkan infrastruktur yang baik, kesejahteraan dan kemandirian ekonomi masyarakat Lampung Utara
  4. Menyediakan layanan kesehatan gratis, prima dan berkualitas bagi masyarakat Lampung Utara.
  5. Menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas SD dan SMP bagi masyarakat Lampung Utara.
  6. Memaksimalkan potensi sektor strategis daerah bagi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, fokus pada sektor pertanian, pertambangan, perkebunan dan pariwisata.
  7. Meningkatkan IMTAQ dan IPTEK bagi masyarakat Kabupaten Lampung Utara.
  8. Menjaga dan Melestarikan Budaya Daerah sebagai perekat dan pemersatu masyarakat Kabupaten Lampung Utara

<  Kembali